Loading

Integrasi sosmed

Share

Post dan Page

duniataqiya | Senin, April 08, 2013 |

Apa itu Post dan Page

Post atau sering disebut posting adalah materi utama blog. Posting adalah artikel yang Anda buat dan terlihat berada di tengah blog Anda.

Posting secara otomatis memiliki keterangan waktu. Ketika Anda membuat dan mem-publish posting yang Anda buat, secara otomatis posting Anda akan memiliki atribut berupa tanggal pembuatan pada hari tersebut. Anda dapat mengatur jadwal publish (scheduled post) dengan cara mengundurkan tanggal publish. Jika Anda melakukan hal ini, maka posting Anda akan tertanggal sesuai waktu publikasinya.
Berdasarkan tanggal publikasi posting, secara otomatis blog mengatur agar posting terbaru menempati posisi paling atas. Karena posisinya berubah-ubah, maka post memiliki sifat dinamis.
Jadi, posting terbaru menempati posisi paling atas, sementara posting lama akan bergeser ke bawah. Karena halaman utama diatur dengan menampilkan beberapa posting terakhir, misalnya 10, maka posting ke-11 akan berada di halaman kedua, dan seterusnya.
Karena pengaturan berdasarkan waktu ini, posting-posting lama akan “terkubur” di dalam blog Anda. Posting-posting lama dimasukkan ke dalam arsip (archieve) yang disusun berdasarkan tahun dan bulan.
Selain penyusunan posting berdasarkan tahun dan bulan adalah sebuah hal, ada cara lain menyusun posting yaitu berdasarkan label/kategori.
Caranya, setiap Anda melakukan posting jangan lupa untuk membuat “label” yang sesuai pada posting Anda. Pada setiap posting, jumlah label boleh lebih dari satu.
Label adalah semacam identitas/kategori posting yang akan membantu Anda mengelompokkan posting berdasarkan tema-tema sejenis. Dengan alat bantu label, Anda dapat menampilkan posting sesuai kelompoknya.
Sekali lagi, posting adalah materi utama blog. Posting adalah bahan utama RSS, yang memberi kesempatan kepada pengunjung blog Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan tentang posting terbaru Anda melalui email.

Page

Page (halaman) adalah bentuk lain materi yang ada di blog. Berbeda dari posting, page tidak memiliki tanggal.
Karena tidak memiliki tanggal, maka:
  • Page tidak akan muncul di arsip (archieve gadget)
  • Page tidak bisa diakses melalui link New Post/Older Post (karena bukan post)
  • Page tidak masuk ke dalam RSS feed.
Page memiliki sifat statis. Artinya, posisi page tidak berubah-ubah di blog. Walapun Anda membuat post, page yang lama tak akan berubah posisinya.
Page tak memiliki label sehingga Anda tak dapat menyusun atau mengelompokkannya. Anda tak bisa menampilkan page melalui Label gadget.
Anda dapat mengakses page dari link di tab atau sidebars. Karena link itu ada di tab atau sidebar, link page Anda terlihat di seluruh blog dan bisa diakses kapanpun dan dari manapun.

Kapan Post/Page Digunakan?

  • Karena berbeda jenis, post dan page memiliki fungsi berbeda.
  • Gunakan post untuk membuat materi-materi utama di dalam blog Anda.
  • Gunakan page untuk membuat menu, About Us, Contact, iklan, landing page.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archives

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Harry Potter Broom