Loading

Integrasi sosmed

Share

Memulai Aktivitas dengan Sebelah Kanan

duniataqiya | Jumat, Desember 06, 2013 |
"Yuk pakai sepatunya dulu...kaki kanan dulu yaaa...." atau memakai baju pasti kita akan berujar.."yang kanan dulu." Membiasakan memulai sesuatu aktivitas dengan kanan dulu ini merupakan suatu kebiasaan yang sudah harus diterapkan sejak bayi baru lahir.
Dalam memulai suatu aktivitas maupun kegiatan pasti tak lupa kita mengucapkan kata Basmallah dan mendahulukan sebelah kanan dari anggota badan kita..... Kebiasaan ini bukan serta merta langsung dilakukan tapi mengalami proses yang sangat panjang, percaya gak kalo proses ini dimulai semenjak bayi baru lahir!.
Pertama kita dalam memegang anak kita mengucapkan Basmallah dan memulai kanan dulu baik dalam memandikan, memakaikan baju/celana dan melepaskannya mulai kiri dulu...ini terus dilakukan setiap hari sambil berujar...."Pakai bajunya dulu ya Nak..yang kanan dulu" sambil baca Basmallah...Nanti pakai sepatu ato kaos kaki juga begitu "Sepatunya pakai yaa...yang kanan dulu". begitu seterusnya setiap hari....ini akan menimbulkan kebiasaan dia sampai akhirnya dia berjalan dan bisa memakai bajunya sendir maka buah hati kita akan selalu mendahulukan yang kanan, begitu pula bila masuk rumah....dan kebalikannya dia akan mendahulukan bagian kirinya bila melepas baju atau sepatunya.
Tapi yang namanya anak kadang suka keliru..(wong kita aja juga suka salah)..kita cukup bilang "Eits..." sambil melihat ke anak...ternyata mereka langsung merespon sambil tersenyum.
Ini sepertinya sepele tapi ternyata membutuhkan proses yang luar biasa panjang..untuk menjadikan suatu kebiasaan......Ehhmmm kebayang bagaimana membangun karakter anak.

Archives

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Harry Potter Broom