Loading

Integrasi sosmed

Share

Halaman Pertama

duniataqiya | Selasa, April 02, 2013 |
Setelah membaca Ebook yg dikirim Digital Mommie  pada hari pertama maka di hari Kedua ini kita diajak untuk memulai membuat blog yang diawali dengan membuka web Dari blogger, sign in Dan Dan membuat Nama Dari blog kita Dan Taraaa.....mulailah kita menulis2 sesuatu di halaman pertama ini.....
Bingung juga awalnya mo nulis apa hehe...lha gak biasa nulis kok diminta menulis sesuatu di halaman ini...ya begini deh hasilnya ^_^ tapi harus dicoba ya.... Kapan lagi....Ok, saya akan mencoba menulis materi-materi dalam membuat blog ini dengan panduan dari Digital Mommie. Langkah-langkah dalam membuat blog adalah:
1. Mendaftar Blogger
Gbr ini diperoleh di freedigitalphotos
 Untuk membuat sebuah blog maka hal pertama yg kita lakukan adalah mendaftar dulu, kali ini kita akan menggunakan blogger maka harus mendaftar ke blogger.com dengan menggunakan akun gmail, setelah proses mendaftar selesai maka kita akan diminta untuk membuat tema dari blog yang akan kita buat, saya memilih tema "Menjalani Hari dengan Penuh Makna" kenapa saya memilih tema ini karena saya berkeinginan menjalani hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat minimal bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya jadi hidup kita di dunia ini tidak sia-sia.
Setiap hari kita diberi materi dengan mengunduh ebook yg diberikan oleh Digital Mommie, di hari pertama kita mengunduh ebook tentang "Blogmu adalah harta karunmu" yang membahas tentang apa itu blog, jenis-jenis blog, media untuk membuat blog, manfaat blogging, membangun pondasi blogging dan kunci sukses blogging. Di hari kedua kita mengunduh tentang "Blogging Platform" yang akan mempelajari beberapa teknis membuat blog. Dalam membuat blog ada 3 (tiga) komponen yang harus kita mengerti yaitu:
  1. Nama Domain
  2. Hosting
  3. Engine / Platform
Secara detil, saya juga masih belum paham arti dari ketiga komponen di atas karena mesti dibaca berulang2 maklum otak sudah tdk encer...hmm sebenarnya masih males konsentrasi aja hehehe.... Tapi secara gamblang mah begini
Nama Domain itu ya alamat blog kita yang terdiri dari nama/label kemudian titik(.) ato dikenal dengan dot kemudian eksistensi seperti .com, .edu, .org, .net dan banyak lagi deh; Hosting itu semacam tempat penyimpanan;  terus yang namanya engine atau platform adalah mesin untuk menjalankan blog kita. Begitu deh kira2 dan kalo kita membuat blog dengan layanan gratis seperti di blogger.com maka Hosting dan platformnya sdh disediakan jadi kita tinggal nentuin nama blog kita aja....

2. Mengenal Post dan Page
Gbr ini diperoleh di freedigitalphotos

Di hari ketiga ini kita dikenalkan tentang apa itu Post dan Page.
- Post atau sering disebut posting merupakan materi utama blog. 
Posting secara otomatis memiliki keterangan waktu yang dapat kita atur untuk mempublishnya... membingungkan gak ya kata2 ku ini....yah maklumlah namanya jg lagi belajara hahaha pembenaran. Jadi posting terbaru menempati posisi paling atas, sementara posting lama akan bergeser ke bawah. Karena halaman utama diatur dengan menampilkan beberapa posting terakhir, misalnya 10, maka posting ke-11 akan berada di halaman kedua, dan seterusnya.

- Page (halaman) adalah bentuk lain materi yang ada di blog. Berbeda dari posting, page tidak memiliki tanggal.
Karena tidak memiliki tanggal, maka:
  • Page tidak akan muncul di arsip (archieve gadget)
  • Page tidak bisa diakses melalui link New Post/Older Post (karena bukan post)
  • Page tidak masuk ke dalam RSS feed.
Page memiliki sifat statis. Artinya, posisi page tidak berubah-ubah di blog. Walapun Anda membuat post, page yang lama tak akan berubah posisinya.
Page tak memiliki label sehingga Anda tak dapat menyusun atau mengelompokkannya. Anda tak bisa menampilkan page melalui Label gadget.
Anda dapat mengakses page dari link di tab atau sidebars. Karena link itu ada di tab atau sidebar, link page Anda terlihat di seluruh blog dan bisa diakses kapanpun dan dari manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archives

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Harry Potter Broom