Loading

Integrasi sosmed

Share

Mengurus Paspor Baru

Dyah intan | Sabtu, Mei 23, 2015 |
Berawal dari kegiatan belajar anakku yg mengaruskan dia memiliki Passport...awal mulanya panik gamana cara ngurusnya..hhhmm secara aku nih belum pernah ngurus gituan sendiri dulu pernah ngurus passport waktu mo umroh tapi kan sudah diurus ama bironya jadi kita tinggal datang dan langsung foto and wawancara... udah deh... Nah sekarang aku hrs ngurus sendiri hiks...dari hasil googling Cara Pengurusan Passport trutama anak2 dibawa umur ternyata mudah, pengurusan bisa via ONLINE. Gini nih langsung aja kita ke webnya Dirjen Imigrasi disitu kita baca-baca dulu terus langsung klik Layanan Paspor Online langkah-langkahnya bisa langsung diikuti seperti ini. di Web itu juga ada Petunjuk Isian Paspor Online bisa di download. Mudah sebenarnya dan sederhana. Aku akan menulis pengalaman selama pengurusan ni dokumen butuh waktu 5 hari kerja.

Dokumen yang perlu disiapkan
semua dokumen dicopy di kertas A4 ya

Untuk dewasa fotocopi:
- KTP
- Kartu Keluarga
- Akte Lahir / ijazah SD
- Buku Niche

Untuk anak fotocopi:
- KTP kedua orangtua di copy dalam 1 lembar
- Akte Lahir/ijazah SD
- Kartu Cellarage
- Buku Nikah kedua orang tua
- Paspor Orangtua (sebenarnya dokumen ini tdk ada dipanduannya tapi suka diminta ama petugas  
  jadi disiapin aja) 
- Surat Pernyataan dari orangtua *ambil di koperasi imigrasi* ( yg ini malah saya nggak diminta tapi
  teman saya dimintain surat pernyataan ini... Harusnya surat pernyataan ini di perlukan bila kedua
  orang tua si anak belum memiliki paspor)
Semua fotocopy dokumen ini dibawa sewaktu ke kantor imigrasi beserta ASLI nya yaa... 

Setelah itu kita melakukan Pendaftaran Secara online
Klik  Layanan Paspor Online selanjutnya
- klik Pra Permohonan Personal terus isi data
- Jenis Permohonan isi Baru-paspor biasa
- Isi nomer paspor lama bila jenis permohonan selain di atas (telah memiliki paspor)
- Isi dengan memilih kantor imigrasi yang dituju
- Isi semua data untuk Pekerjaan diisi Lainnya (kalo mengurus paspor anak yg masih sekolah / bayi)
- Untuk anak-anak maka Nomor Identitasnya diisi berdasarkan NIK
- Untuk kolom Id berlaku s.d diisi 5 thn ato lebih dari tahun diterbitkan karena KK yang baru kan
   tidak ada masa berlakunya (berlaku seterusnya)
Data harus diisi semua agar bisa ke proses selanjtnya

data harus diisi semua terus klik Lanjut
isi data lembar selanjutnya sesuai dokumen yg telah disiapkan....setelah semua diisi (untuk lembar ini bisa tidak diisi semua kemudian klik Lanjut

Maka kita akan menerima email dan ikuti sesuai petunjuk diemail untuk melakukan pembayaran yang telah ditentukan sekitar Rp. 355.000 di tambah biaya administrasi bank sebesar Rp 5.000,-  saat ini hanya bisa dilakukan pembayaran ke BNI (perhatikan batas waktunya). oh seandainya sudah bisa dilakukan secara online atau menggunakan Credit Card... ooh alangkah menyenangkan..semoga segera terealisasi...Amiin.

Setelah melakukan pembayaran dan menerima bukti bayar maka kita melakukan konfirmasi via email ( sudah ada petunjuk pelaksanaannya, tinggal ikutin aja... kalo masih bingung maka baca petunjuk pengisian yg telah di download.)

Setelah kita melakukan konfirmasi pembayaran dan memilih hari kedatangan maka kita akan mendapatkan email balasan dan kita Print untuk di bawa ke Kantor Imigrasi (ingat batas waktunya soalnya kalo lewat maka uangnya akan hangus dan melakukan lagi pendaftaran dari awal).

Sebaiknya ke Kantor Imigrasi pagi hari untuk mengambil nomor antrian (Kantor buka pukul 8) saya tiba di kantor itu pukul 7:15 dan mendapatkan antrian nomor 74 sodara-sodara fiuh..... Tapi ternyata banyak juga nomor yg kosong alias tidak ada orangnya setelah dipanggil....Dalam waktu 1 jam nomorku dipanggil tapi alamat sdh kelewat 3 nomor, buru2 dah aku maju dan berdalih kl suaranya ga kedengeran, maka jangan ngobrol ato jauh2 dari speaker karena bisa2 gak denger pas dipanggil... seperti aku ini, alhamdulillah petugasnya bisa mengerti dan maju tapi alamak...ternyata aku diharuskan melampirkan fotcopy paspor dr salahsatu dari kami selaku orangtua... yah balik lagi dah.

Bismillah lah kita pulang lagi ya Nak....Sabar... (Makanya harus lengkap ya biar gak bolak balik). Alhamdulillah jam 11 kita sampai ke kantor imigrasi lagi dan sebentar kemudian dipanggil untuk wawancara dan foto... (karena sebelum pulang lagi tadi sdh dikasih nomer antrian foto oleh petugas)
Alhamdulillah dipanggil sebelum jam istirahat... Bisa lama lagi kl pas datengnya jam istirahat...nunggu lagi dah... Intinya harus banyak berdoa agar di mudahkan... Ya Alloh
Setelah Wawancara dan Foto kita disuruh datang kembali 3 (tiga) hari kemudian untuk mengambil Paspor.... Datang pagi ga perlu ngantri langsung kasih slip pengambilan paspor ke loket pengambilan.. gak lama dipanggil dah...DONE....Alhamdulillah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archives

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Harry Potter Broom